Hutan Kota / Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

0
384

Pagi itu di hari Minggu, hari sangat cerah. Kebenaran pagi itu saya dan anak-anak tidak ke gereja (rencana ke gerejanya sore-malam hari). Setelah melihat beberapa kali tulisan tentang dibukanya tempat baru oleh Walikota Bandung Pak Ridwan Kamil, membuat saya tertarik untuk mendatanginya sekaligus olah raga. Memang cita-cita olah raga ini suka gagal aja.

Ternyata di hari Minggu ini penuh dengan pengunjung. Baik tua maupun muda dan anak-anak. Parkirnya cukup penuh, tetapi dapat juga. Kami sendiri parkir di bagian dalam, ada parkir untuk Sasana Olah Raga ITB. Jalannya dekat tapi dengan tempat start ke Forest Walk Babakan Siliwangi atau Hutan Kota Baksil.

Saraga ITB
tempat olah raga ITB

Jalan masuknya cukup mudah, tidak ada tangga (buat orang tua, atau yang sulit menaiki tangga di sini aman). Jadi memang ada bagian-bagian yang kalau kita mau, kita bisa naik tangga, tetapi bagian utamanya yang menyusuri jalan Forest Walk Bandung ini tidak perlu naik turun tangga. Namun demikian, ada beberapa yang agak menanjak, dan ada beberapa yang agak menurun.

Forest Walk Bandung
Mico & Charlize

Konon panjangnya 2 Km. Jadi kalau kita mau latihan jalan sehat dengan pemandangan pohon-pohon yang hijau, kita bisa menjajal Hutan Kota Baksil ini. Dan konon juga, akan ada pengembangan jalur jalan dari sini sampai ke Cihampelas Sky Walk. Wow kalau benar akhirnya tercapai. Lokasinya sendiri berseberangan dengan Teras Cikapundung, jadi kalau kita mau sekaligus bermain ke Teras Cikapundung, bisa tinggal menyeberang saja.

Forest Walk Bandung
Charlize & Denzel

Nah jika kita udah selesai jalan di jalur ini, tetap di daerah yang sama… kami melihat ada Sanggar Olah Seni. Menarik melihat orang-orang yang senang dengan seni. Kalau hari Minggu suka ada acara, dan acara yang sedang berjalan adalah Belajar melukis anatomi manusia.

Sanggar Olah Seni Forest Walk Bandung
Sanggar Olah Seni

Di dekat Sanggar Olah Seni juga ada Coffee Shop. Tempatnya enak, bangku dan mejanya ada yang terbuat dari pohon/kayu. Sehingga kelihatan suasanya sangat pas dengan Hutan Kota sekelilingnya. Nah pas mau pulang, saya mampir ke dalam, karena sebelumnya pas jalan di jalur Hutan Kota saya ada melihat orang-orang yang sedang berfoto-foto. Pas ternyata sampai, kami berkenalan. Ternyata mereka adalah komunitas “Hobi Foto Bandung“. Senang bisa menambah teman.

Forest Walk Bandung
Hobi Foto Bandung

Setelah itu, kami pulang dengan happy-happy tralala trilili. Thanks Pak Ridwan Kamil sudah menyiapkan another good place in Bandung.

Lokasi:

Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, 
Coblong, Kota Bandung, 
Jawa Barat 40132

-Mico Wendy-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.