Gunung Prau – Jawa Tengah

0
126
Gunung Prau

Minggu 19 Agustus 2018, saya dan 5 teman berencana ke Gunung Prau dengan perjalanan dari Bandung. Untuk ke Wonosobo kita memilih naik bis Budiman dari terminal Cicaheum biaya cuma 88rb sudah dapet makan sekali. Waktu keberangkatannya jam 5 sore, sampai di terminal Wonosobo jam 3 subuh ya kira kira 9 jam perjalanan.

Dari terminal Wonosobo ke basecamp Gunung Prau, menggunakan bis kecil, harga nya 20rb / org. Tapi memang kita harus menunggu bis sampai penuh untuk bisnya bisa berangkat, perjalanan nya membutuhkan waktu 1 jam sampai ke daerah basecam Prau. Kita akan diturunkan di sebuah warung yang berada di daerah basecamp, di warung itu kita gratis untuk ke toilet atau pun minum air panas. Di warung ini juga menyediakan makan selayaknya warung nasi, tapi untuk makan jangan lupa bayar yaa !

Gunung Prau punya 6 jalur pendakian : Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo, Wates. Saya memilih jalur pendakian Patak Banteng, jalur ini juga termasuk jalur favorit para pendaki Prau karena jalur ini cukup pendek dibanding dengan jalur yang lainnya.

Sebelum mendaki diharuskan mendata diri di basecamp, ya buat keamanan bersama. Biaya retribusi hanya 10rb/orang ditambah 5rb untuk trashbag, karena gunung bukan tempat sampah. Di depan basecamp disediakan tempat sampah yang memang khusus untuk pendaki Gunung Prau.

Trek Gunung Prau
Trek Pos 1 Gunung Prau

Kita memulai pendakian jam 8 pagi, di awal perjalanan trek jalan Prau tidak terlalu terjal, Gunung Prau ini hanya memiliki 3 pos. Pos yang pertama yaitu Sikut Dewo , di pos 1 ini ada tempat untuk pengecekan tiket Gunung Prau, tapi saat itu tidak ada yang menjaga di pos 1. Di atas sedikit dari pos 1 ada beberapa warung kecil yang menjual makanan, ada juga toilet kecil nya.

Pos 2 yaitu Canggal Walangan, tugu di pos 2 ini tulisan nya sudah tidak bisa dibaca lagi akibat tangan tangan jail para pendaki. Dari sini Telaga Warna, Gunung Sumbing , Gunung Sindoro bisa terlihat. Dari pos 2 ini trek jalan sudah cukup sulit, oya jangan lupa memakai masker karena pasir disini cukup tebal.

Gunung Prau
Pemandangan Gunung Sumbing dari pos 2 Gunung Prau

Pos 3 yaitu Cacingan, nah trek paling susah dan paling panjang di pos 3. Ini dia trek nya

Gunung Prau
Trek Pos 3 Gunung Prau

Kita sampai puncak pukul 10:45, jadi butuh waktu 2 jam 45 menit dengan jalan santai, untuk sampai puncak Gunung Prau.

Sebenarnya saya cukup kecewa sih waktu lihat di camp ground lumayan banyak sampah yang bertebaran, ga seharusnya para pendaki ninggalin sampah di gunung. Ya kita sebagai pendaki harus menjaga lingkungan gunung, bukan cuma pengen nikmatin keindahannya aja.

Ada di satu bagian dari gunung Prau ini yang memang sudah menjadi “toilet terbuka”, sayang nya tisu tisu bekas ditinggal disitu juga, jadi selain bau nya yang cukup kencang, kotor pula dengan bertebarannya tisu di tempat itu.

Puncak Gunung Prau
Puncak Gunung Prau

Cuaca di puncak Gunung Prau terasa cukup dingin meskipun siang hari, dan berkabut tebal. Sore sekitar jam 4 kabut mulai hilang dan pemandangan yang indah mulai terlihat

Dari gunung Prau kita bisa lihat sunset yang indah ditemani indahnya Gunung Slamet.

Sunset Gunung Prau
Sunset Gunung Prau

Jam 6 sore cuaca mulai bikin tangan beku, kebayangkan gimana tengah malem. Katanya suhu terendah di Prau biasanya sekitar jam 2 subuh.

Pagi hari nya kita bangun jam 5 pagi untuk melihat sunrise, ternyata jam 5 pagi juga matahari sudah mulai naik terlihat dari Prau. Indah nya sunrise di temani dengan indah nya Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, WAW indah bangeeeeettttt !!

Gunung Prau
Sunrise Gunung Prau

Ga sia-sia cape mendaki Gunung Prau, rasa cape pasti terbayar deh sama pemandangan dari Gunung Prau ini. Dijamin ga akan nyesel !

Turun dari Gunung Prau ternyata lebih susah di banding naik nya, harus menahan badan supaya tidak jatuh karena pasir yang licin dan cukup tebal. Untuk turun sampai ke basecamp Gunung Prau via Patak Banteng butuh waktu sekitar 2 jam, ya memang lebih cepat dibanding naik nya.

Jangan lupa bawa semua sampah kamu di gunung dan buang di tempat sampah khusus pendaki, dan melapor ke basecamp kalau kamu sudah turun.

Gunung Prau cocok banget deh jadi pilihan gunung yang bakal kamu daki ! Dijamin !

Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.