Gunung Manglayang – Bandung, Jawa Barat

0
52

Gunung Manglayang yang berada di Kabupaten Sumedang ini, memiliki tinggi 1818 mdpl. Untuk menuju ke Puncak Gunung Manglayang ada 3 jalur yaitu : jalur Barubeureum, jalur Batu Kuda, dan jalur Palintang. Biasanya para pendaki melewati jalur Batu Kuda karena lewat jalur ini bisa lebih cepat untuk sampai Puncak Utama tanpa melewati Puncak Bayangan dulu. Jalur yang paling jarang digunakan pendaki Gunung Manglayang adalah jalur Palintang karena jalur ini adalah jalu terjauh dari semua jalur yang ada. Jalur Barubeureum, banyak digunakan pendaki karna memalui jalur ini bisa dapat pemandangan puncak yang sangat indah.

Kami pun lebih memilih untuk menggunakan Jalur Barubeureum, diawal pendakian akan disambut oleh sebuah sungai kecil yang arusnya tidak deras. Tak jauh dari situ, trek perjalanan sudah mulai menanjak dengan tanah liat yang licin dan kemiringan trek pun bisa mencapai 40-60 derajat dengan medan datarnya yang sedikit dan jalanan yang terjal. Begitulah trek perjalanan sampai ke Puncak Bayangan, dan jalur pendakian tidak dilengkapi pos.

Kami menempuh perjalanan sekitar 3 jam untuk sampai di Puncak Bayangan, banyak juga pendaki yang memilih puncak Bayangan untuk tempat nongkrong atau bermalam. Dari sini kita bisa lihat pemandangan Bandung yang penuh penduduk. Di Puncak bayangan ini tidak ada sumber air, jadi bawalah air sebanyak yang dibutuhkan.

Matahari terbenam pun indah dilihat dari sini, memang moment itu yang paling ditunggu tunggu.

Tapi sayang nya saat pagi itu cuaca mendung, jadi kita tidak dapat pemandangan sunrise. Tapi tak apa, terbayar oleh sejuknya udara disini.

Pagi itu sempat badai di Puncak Bayangan, sampai ada beberapa tenda tetangga yang roboh, tapi tak lama dari itu sudah mulai panas kembali. Saat hari sudah kembali panas, akhrnya kami pun memutuskan untuk turun dengan jalanan yang sangat licin karena habis terguyur badai.

Sebelum turun untuk pulang kami akan mengunjungi Puncak Utama dulu, perjalanan nya sekitar 1 jam dari Puncak Bayangan. Tapi sayang kita tidak sampai ke Puncak Utama, jadi akhirnya kita memutuskan untuk pulang.

Meskipun begitu, perjalanan kali ini tetap menyenangkan. Selamat menikmati perjalanan ke Gunung Manglayang!

Ciporeat, Cilengkrang, Bandung, West Java

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.