Gunung Bromo – Jawa Timur

0
21

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan termasuk obyect wisata paling terkenal di Jawa Timur. Gunung Bromo masuk ke dalam 4 wilayah, yaitu Pasuruan, Lumajang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Probolinggo. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera / lautan pasir sekitar 10 km2.

Setiap tahun suku Tengger yang tinggal di sekitar gunung Bromo mengadakan upacara Yadnya Kasada / Kasodo di sebuah pura (Pura Poten Bromo) yang berada di bawah kaki Gunung Bromo. Mereka yang terkenal taat dengan aturan dan agama Hindu, percaya bahwa mereka adalah keturunan langsung dari Majapahit. Nama Tengger berasal dari Legenda Roro Anteng dan Joko Seger. Nama Tengger diambil dari Roro Anteng dan Joko Seger. Suku tengger percaya bahwa Gunung Bromo merupakan gunung suci.

Gunung Bromo memiliki ketinggan 2.392 meter di atas permukaan laut. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah +- 800 meter (Utara-Selatan) dan +- 600 meter (Timur-Barat). Sedangkan daerah berbahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat.

Tidak jauh dari Gunung Bromo terdapat Gunung Semeru, yang mana salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung semeru meletus secara periodik setiap 20 menit. Puncak Gunung Semeru memiliki tinggi 3.676 meter dari permukaan laut, merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Obyek wisata sekitar Gunung Bromo adalah Padang Rumput Savanah, Bukit Teletubies, Pasir Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Gunung Penanjakan, Lautan Pasir Bromo, Pura Luhur Poten, Ranu Kumbolo, Gunung Semeru.

Berikut adalah photo-photo sumbangan dari Russell Williams.

Jadi ingin ke sana lihat salah satu ciptaan Tuhan yang terbaik kan… Teman-teman ada yang punya pengalaman juga ke sana? Bisa sharing?

sumber: id.wikipedia.org, wikitravel.org

Jawa Timur, Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.