Mau berenang tapi bosan dengan kolam renang yang itu-itu saja?

Jangan risau. Kini, ada satu tempat berenang baru di daerah Malang. Tepatnya, di sebelah timur Kota Malang. Lembah Tumpang Resort namanya. Sesuai namanya, resor ini berada di lereng sebuah lembah yang tentunya akan memberikan kesejukan luar biasa jika anda datang ke sini. Berada di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang,  lokasi wisata baru ini berada sekitar 10 km arah timur Kota Malang. Bagi Anda yang ingin datang ke sini, arahkan kendaraan anda menuju daerah Sawojajar, lalu teruskan ke arah jalan menuju Tumpang/ Gunung Bromo. Di dekat pintu masuk Desa Slamet, ada sebuah pertigaan yang mengarahkan anda ke lokasi ini. Ikuti saja pertigaaan tersebut dengan berbelok ke kiri maka anda akan menjumpai wisata ini.

Harga tiket masuknya adalah sekitar 30.000 rupiah per orang untuk dewasa dan 20.000 untuk anak-anak. Harga ini sudah termasuk tiket kolam renang yang memiliki keunikan berupa candi bergaya Jawa Timur di tengahnya. Meski tak terlalu luas, namun berenang di kolam ini menawarkan sensasi berbeda. Air yang mengalir dari pancuran di kaki candi membuat siapapun yang datang akan berasa seperti putri Raja Singosari. Belum lagi, lokasi kolam renang yang berada tepat di dekat perbukitan menambah hawa sejuk untuk sekedar melepas penat. Pengunjung juga bisa mengabadikan momen ketika berenang yang hasilnya akan membuat siapapun terkesima.

Spot foto utama
Suasana kerajaan terasa
Penginapan bergaya Joglo

Selepas berenang, pengunjung bisa menjelajahi sisi demi sisi resor ini. Aneka patung yang ditata sedemikian rupa membutanya cocok dijadikan lokasi untuk mengambil swafoto. Patung-patung ini dijajarkan sesuai dengan temanya masing-masing. Ada patung tokoh kerajaan, patung-patung dewa agama Hindu, patung Buddha, hingga patung-patung tokoh lainnya. Diantara patung-patung itu, terselip taman-taman cantik beraneka rupa dengan jalan setapak yang semakin cocok untuk dijadikan ritual narsis. Jepretan demi jepretan juga bisa terpatri di sini dari berbagai sudut.

Melangkah lebih jauh, ada spot untuk mengambil gambar berupa danau buatan yang dibendung dari aliran sungai di tepi lembah. Danau ini juga memuat aneka spot narsis berupa patung dan kincir air. Di sini, kita akan merasakan gemuruh suara air yang keluar dari kincir air yang tentunya akan menambah ketentraman hati kita untuk sekedar melepas penat. Kita juga bisa bermain dengan ikan yang ada di dalam danau tersebut. Kelompok bunga teratai yang indah juga berjajar rapi di sana.

Kolam anak
Kolam dewasa

Jika ingin bersantai, ada banyak gazebo yang disediakan pengelola resor. Bahkan, jika ingin bermalam, maka aneka fasilitas penginapan sudah tersedia. Dengan harga sekitar 350.000-400.000 rupiah per malam, menginap di resor ini bisa dijadikan alternatif jika ingin berwisata ke Kota Malang. Selain tak akan mendapat kemacetan, lokasinya juga dekat dengan wisata lain seperti Hutan Pinus Wajak, Candi Jago, dan Candi Kidal.

Sungai berpagar arca
Parit berpagar arca

Meski belum rampung sepenuhnya, namun aneka fasilitas di dalam resor ini cukup membuat pengunjung betah. Rencananya, akan ada wahana flying fox yang berada di dekat sungai yang dibendung untuk danau tersebut. Tak hanya itu, beberapa wahana lain seperti aneka patung di tepi sebuah candi juga masih dalam proses pengerjaan. Namun, diantara aneka fasilitas tersebut, jajaran patung yang berada di pinggir sungai adalah yang paling direkomendasikan. Suasana sejuk segar dengan pemandangan kuno membuat siapa saja akan merasa sedang berada di sebuah kerajaan.

Setiap hari, wisata baru ini buka dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Jadi, ketika mengunjungi Malang jangan lupa untuk mampir ke sini. Dijamin, pengalaman menjadi putri raja adalah pengalaman yang tak akan terlupakan.

Jam Buka:
Senin-Minggu 08.00 Wib - 17.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.